Apr 10, 2024

Pengertian Cloud Hosting Dan Alasan Mengapa Akhir-Akhir Ini Semakin Diminati

Pengertian Cloud Hosting Dan Alasan Mengapa Akhir-Akhir Ini Semakin Diminati - Istilah cloud hosting masih belum terlalu familiar bagi sebagian orang. Namun bagi mereka yang sudah berkecimpung di dunia digital marketing, cloud hosting merupakan istilah yang banyak digunakan. 

Ini adalah solusi bagi mereka yang menginginkan kemudahan menyimpan data dalam jumlah besar tetapi tidak perlu berbagi sumber daya dengan pengguna lain, biasanya digunakan oleh situs web besar dan web hosting untuk seo. Berikut ulasan mengenai pengertian Cloud Hosting dan alasan mengapa akhir-akhir ini semakin diminati oleh banyak orang.

Definisi Cloud Hosting

pengertian cloud hosting
Cloud hosting diciptakan atas ide komputasi awan yang disampaikan oleh ahli komputasi asam dan kecerdasan buatan MIT, John McCarthy pada tahun 1960. Selanjutnya, ide tersebut dikembangkan dan ditindaklanjuti oleh pendiri Oracle pada media tahun 1990-an hingga akhirnya sekarang digunakan secara luas. oleh banyak perusahaan dunia, termasuk raksasa e-commerce Amazon.

Baca juga: 

Sebelum membahas berbagai keunggulan yang ditawarkan oleh cloud hosting, penting untuk dipahami terlebih dahulu apa maksudnya. Cloud hosting adalah layanan hosting inovatif yang menggunakan tidak hanya satu server, tetapi beberapa server untuk menyeimbangkan beban dan memaksimalkan kerja server itu sendiri. Hal ini bertujuan agar performa website dalam kondisi maksimal.

Bisa dibilang, cloud hosting merupakan pembaharuan dari layanan web hosting konvensional yang masih membutuhkan hardware sebagai perangkat penyimpanannya. Tujuan penggunaan cloud hosting bisa sebagai backup jika server down. Website akan tetap berjalan normal meskipun salah satu server sedang down.

Keuntungan Cloud Hosting

Jika dibandingkan dengan web hosting tradisional, cloud hosting menawarkan banyak keuntungan. Tidak salah jika banyak perusahaan terkemuka dunia beralih ke cloud hosting. Berikut keunggulan yang ditawarkan,

Bisa Menampung Trafik Yang Masif

Pengunjung website yang besar adalah impian banyak perusahaan. Namun akan sangat mengganggu jika website down. Itu sebabnya teknologi cloud hosting memungkinkan website diakses oleh ribuan bahkan jutaan pengunjung dalam waktu bersamaan.

Performa Unggul Dan Aman

Selain menghindari downtime, cloud hosting juga memiliki performa tinggi dan lebih aman dari potensi pencurian data. Layanan cloud hosting menawarkan keamanan yang tinggi sehingga dapat melindungi data dan privasi pribadi. Selain itu, cloud hosting memiliki pengaturan layaknya web hosting tradisional dengan menggunakan control panel.

Maka dari itu tidak perlu mempelajari kembali tentang pengaturannya. Biasanya, ada beberapa layanan hosting yang menawarkan fitur Full Manage, artinya berbagai konfigurasi dilakukan oleh penyedia layanan. Satu lagi yang perlu diperhatikan, harga cloud hosting ini juga kompetitif, sehingga Anda bisa memilih mana yang sesuai dengan budget perusahaan Anda.

Tips Memilih Layanan Cloud Hosting

Dengan masifnya perkembangan dunia digital marketing, banyak bermunculan layanan cloud hosting, baik di dalam maupun luar negeri. Selektif dalam memilih layanan cloud hosting diperlukan agar Anda mendapatkan yang berkualitas, menghindari yang kurang profesional. Maka dari itu, mari ikuti tipsnya sebagai berikut.

Pilih Yang Mengutamakan Keamanan Pengguna

Hal utama yang perlu diperhatikan saat memilih layanan cloud hosting adalah mengutamakan keamanan pengguna. Jangan biarkan data bocor dengan mudah. Pilih cloud hosting yang fitur keamanannya lengkap dan juga terjamin. Jangan ragu untuk bertanya kepada penyedia layanan hosting tentang keamanan yang ditawarkan.

Perhatikan Load Balance

Selain keamanan, keseimbangan muatan juga sangat penting dalam cloud hosting. Cari tahu seberapa besar mereka bisa mengatasinya, agar website tetap stabil meski pengunjung membludak. Sebagai informasi, load balance ini nantinya akan mengarahkan pengunjung ke server yang aktif. Tidak ada yang namanya server down ketika pengunjung banyak.

Memilih Layanan Cloud Hosting Dengan Trial

Untuk mengetahui berbagai hal yang ditawarkan, pilihlah layanan cloud hosting yang menawarkan trial. Ini digunakan untuk periode evaluasi. Hal ini cukup penting untuk memastikan layanan layak atau tidak digunakan. Mengetahui kelebihan dan kekurangan dengan mencobanya secara langsung merupakan tindakan yang tepat.

Cloud hosting DomaiNesia memiliki teknologi triple replication dan layanan support 24 jam yang dimana saat ini adalah proider hosting terbaik di Indonesia

Memberikan Pelayanan 24 Jam Penuh

Disarankan untuk memilih perusahaan jasa hosting yang menawarkan layanan 24 jam sehari. Pasalnya, jika sewaktu-waktu ada masalah pasti ada yang menangani. Agar tidak ada masalah gangguan sewaktu-waktu, operator siap membantu sepanjang hari.

Demikian ulasan tentang Pengertian Cloud Hosting Dan Alasan Mengapa Akhir-Akhir Ini Semakin Diminati semoga bermanfaat.