Nov 19, 2022

#RIPTwitter Alasan Twitter Hendak Ditutup dan Dihapus! Benarkah?

Belakangan ini pasti populer akan tagar #RipTwitter di twitter, kenapa sih kok bisa muncul hastag tersebut dan apa saja alasan yang membuat kenapa banyak yang berasumsi kalau twitter sebentar lagi akan dihapus dan di tutup? Buat yang kurang update dengan berita terkini pasti bertanya-tanya, masa sih situs sosial media twitter akan dihapus dan ditutup sehingga tidak bisa diakses lagi? Bagaimana bisa?

Tulisan ini akan mengungkap beberapa alasan kenapa dan bagaimana bisa muncul hashtag #riptwitter dan banyak orang yang menganggap kalau twitter bakalan dihapus. Padahal dari kemarin-kemarin tidak ada isu semacam ini tetapi kenapa sih sekarang mulai rame banget? Ada beberapa hal yang membuat sebagian orang berasumsi kalau situs twitter sebentar lagi tidak akan bisa digunakan.

Alasan Twitter Dihapus

twitter dihapus

Alasan pertama adalah pindah tangannya hak kepemilikan twitter yang sekarang sudah dibeli oleh elon musk sebanyak $44 Milliar Dollar. Dimana elon musk ini terkenal dengan orang eksentrik dan 'menimbulkan banyak' masalah, diagung-agungkan sebagai sosok jenius di dunia teknologi yang merupakan pendiri dari SpaceX dan juga Tesla.

Nah, karena pindah tangan, akhirnya si elon musk ini melakukan perombakan besar-besaran dengan cara memecat banyak sekali karyawan. Bahkan CEO dari twitter pun langsung di pecat oleh si Elon, dengan disusul oleh beberapa programmer atau para coder yang bekerja disana. Dia sendiri mengatakan kalau cuma orang terbaik yang tetap tinggal.

Dengan kata lain karena banyaknya karyawan yang dihentikan membuat orang-orang berasumsi kalau twitter akan dihapus. Kamu tahu berapa banyak? Totalnya mencapai hampir setengah jumlah karyawan dari twitter itu sendiri. Jumlahnya hampir 7.500 karyawan twitter yang berhenti alias resign. Selain tagar RIPTwitter muncul juga Hashtag #GoodbyeTwitter.

twitter ditutup

Bahkan elon sendiri memposting foto diatas di statusnya yang bisa ditemukan disini. Selain itu kantor utama twitter sendiri pun juga tutup dan tidak ada yang bisa masuk kesana kecuali si elon bahkan satpamnya pun juga dipanggil kembali.

Apakah Twitter Akan Dihapus?

Lalu, apakah twitter beneran dihapus dan tidak bisa di akses lagi? Jawabannya adalah TIDAK, kemungkinan besar tidak akan dihapus dan twitter akan tetap ada meski nantinya kemungkinan besar akan ada fitur baru dan beberapa peraturan serta kebijakan baru.

Alasan utama adalah masalah bisnis, masa sih kamu keluarin uang 44 milliar dollar hanya untuk menghentikan platform salah satu sosial media terbesar di dunia ini? Jelas Enggak Dong. Lantas kenapa banyak muncul hashtag rip twitter? Alasan utama saya rasa adalah karena exposure, dengan kata lain memang si Elon sengaja membuat smoke screen.

Jadi semakin kontroversial, maka semakin banyak orang yang membicarakan twitter dan semakin banyak orang yang tidak tahu jadinya semakin tau atau sekedar mencari tau. Selain itu elon musk sendiri adalah sosok yang sudah seperti selebritis yang cukup kontroversial dengan berbagai aksi dan tindakannya.

Jadi saya rasa twitter tidak akan dihapus selama masih banyak pengguna, apalagi si Elon ini seorang pebisnis yang tujuannya adalah mencari uang. Dengan kata lain twitter akan tetap ada selama menghasilkan keuntungan dan cara tercepat adalah memangkas pengeluaran dengan menghentikan banyak karyawan.

Kalau perusahaan bisa berjalan dan berfungsi hanya dengan 100 orang kenapa harus butuh 1000 orang? Memang sih terdengar kejam, tetapi perusahaan itu milik dia dan sebagai karyawan mau tidak mau harus mengikuti apa kata bos.