Nov 9, 2022

Cara Belanja Online Di Indomaret Tanpa Keluar Rumah

"Naaaak, Tolong belikan ibu kecap dong" Sebuah suara keras terdengar melalui telinga saya yang sedang menerka siapakah gerangan yang dipanggil. Karena pada dasarnya di dalam rumah ada dua orang yang mampu mengemban misi itu bila jawaban itu dipenuhi yaitu adik saya dan diri saya sendiri. Suara tersebut berulang dengan nada yang berbeda "Pada kemana sih ini anak, tolong belikan kecap".

Panggilan kedua membuat hati saya tergerak meski sambil menunggu dan melihat kondisi apakah adik saya yang akan menghampiri suara tersebut. Tak selang cukup lama akhirnya saya putuskan untuk berusaha bangkit dari tempat tidur yang selama ini gravitasinya cukup sulit untuk dilawan. Sebuah tempat yang menggoda saya untuk selalu rebahan dan menghabiskan hari libur dengan bersantai.

Belanja Online Tanpa Ribet

cara belanja online di indomaret

Setelah bangkit akhirnya saya datangi asal suara tersebut yang sumbernya berasal dari dapur. Sembari memasak seolah sudah merasakan hawa keberadaan saya akhirnya ibupun bilang: "Belikan ibu kecap, nanti sore mau di pakai untuk memasak. Uangnya ambil di atas meja di kamar ibu." Mendengar perintah tersebut langsung saja sontak pergi ke kamar untuk mengambil uangnya.

Uang pun di dapat dan misi pun sudah berjalan, keinginan untuk dapat bintang lima di hati ibu pun membuat saya harus segera menyelesaikannya dengan durasi waktu sampai sore. Namun, perasaan mager saya bergejolak dan godaan tempat tidur masih menghantui. Akhirnya saya pun balik ke tempat tidur sambil mencari info tentang belanja online.

Saya temukanlah sebuah aplikasi belanja indomaret dimana saya bisa beli barang yang biasa dijual di toko kelontong atau pasar tradisional dengan mudah. Ini adalah pertama kalinya saya belanja online di indomaret, akhirnya saya putuskan untuk beli kecap tadi melalui aplikasi belanja online indomaret yang baru saja saya download.

Cara Belanja Online Di Indomaret

Beginilah cara belanja online di indomaret tanpa ribet

  • Siapkan nomor HP & Email Aktif
  • Download Aplikasi Klik Indomaret
  • Buat Akun Di Aplikasi Belanja Tersebut
  • Caranya Klik Tombol Masuk Di Bagian Kanan Bawah
  • Pilih Masuk/Daftar lalu klik Daftar Disini Di Bagian Bawah
  • Isi Nomor HP yang Aktif
  • Lakukan Verifikasi
  • Isi Data Diri (Nama, Tgl Lahir & Kata Sandi)
  • Pilih Metode Kirim Alamat atau Ambil Toko
  • Isi Alamat Bila Ingin Barang Dikirim
  • Silahkan Belanja Dan Cari Barang
  • Lalu Bayar
  • Setelah Itu Tunggu Barang Sampai Di Rumah

Itu adalah ringkasan dari cara belanja indomaret online, buat kamu yang masih agak kebingungan dan kurang paham. Yuk berikut adalah penjelasan lengkapnya yang disertai dengan gambar untuk lebih mudah memahaminya.

Download Aplikasi Belanja Online Indomaret

Hal pertama yang perlu dilakukan agar bisa belanja di indomaret secara online ialah dengan download dulu aplikasi bernama klikindomaret atau pergi ke halaman versi website di klikindomaret.com. Namun sangat disarankan untuk menggunakan aplikasi supaya bisa dapat cashback atau promo yang menarik. Ukuran aplikasinya kecil kok, tidak besar yaitu cuma 40mb'an saja.

Buat Akun

cara belanja online indomaret

Setelah aplikasi klik indomaret sudah terdownload, selanjutnya adalah dengan membuat akunnya. Caranya adalah dengan membuka aplikasi tersebut. Setelah itu klik di bagian kanan bawah sebuah tombol bernama Masuk. Selanjutnya klik masuk atau daftar, setelah itu karena kita belum punya akun maka kita harus klik lagi tulisan "Daftar Disini."

Verifikasi & Isi Data Diri

aplikasi belanja online indomaret

Perjuangan untuk bisa belanja online indomaret ini tidak berhenti sampai disini, karena kita belum punya akun. Makanya kita harus daftar dan melakukan verifikasi lebih dahulu, yaitu dengan mengisi nomor hp di bagian kolom yang disediakan. Nanti akan muncul beberapa pilihan metode verifikasi, antara lain adalah lewat SMS, lewat panggilan, atau melalui Whatsapp.

Silahkan pilih salah satu metode dan ikuti sesuai intruksi. Kalau saya sendiri lebih memilih lewat sms. Namun, kalau kamu bisa mencoba pilihan metode yang disukai. Kalau gagal bisa mencoba metode lain, nanti akan muncul 4 digit kode yang harus dimasukkan untuk verifikasi. Setelah berhasil selanjutnya adalah melakukan pengisian data diri.

Data yang wajib di isi tidak banyak kok karena hanya NAMA, Jenis Kelamin, Tanggal Lahir dan Kata Sandi. Untuk email, ini adalah opsional dengan kata lain tidak di isi pun tidak ada masalah. Namun, untuk menjaga keamanan akun apabila suatu saat nomor hp tidak bisa digunakan silahkan isi alamat email supaya akun masih bisa diakses dan lakukan verifikasi yang sama dengan memasukkan 4 digit nomor yang dikirim ke alamat email.

Pilih Metode Kirim

belanja online indomaret terdekat

Metode yang dimaksud disini adalah apakah saat kamu ketika sudah belanja online di indomaret tadi ingin barang yang dibeli tersebut dikirim atau diambil ke klikindomaret terdekat? Kalau kamu ingin barangnya dikirim silahkan isi alamat rumah kamu yang sesuai dan selengkap mungkin supaya sang kurir bisa mengetahui lokasinya dengan tepat dan barang cepat sampai.

Usahakan untuk mencatumkan ciri rumah atau tanda lokasi yang mudah dikenali seperti warna rumah, atau apapun itu supaya orang luar bisa langsung tahu tanpa perlu bertanya ke orang lain. Hal ini diperlukan untuk memudahkan sang kurir mencari lokasi yang ditentukan, karena ketidakjelasan alamat yang di isi membuat sebagian besar waktu sang kurir habis di jalan. Selain itu akan menghambat barang untuk cepat sampai.

Selanjutnya adalah bila ingin memilih Metode Ambil Di Toko, silahkan pilih salah satu toko yang tersedia di sekitar kamu. Karena disini nanti akan muncul beberapa indomaret terdekat dengan lokasi rumah kamu. Pilih yang lokasinya tidak jauh atau yang menurut kamu itu mudah untuk diakses.

Silahkan Belanja Dan Cari Barang

Barang yang dijual di indomaret itu ada banyak banget, kamu bisa belanja apa saja mulai dari kebutuhan pokok sampai makanan ringan. Setelah lokasi sudah ditentukan secara akurat dan akun sudah dibuat maka selanjutnya adalah kamu tinggal belanja saja. Silahkan belanja apa saja melalui aplikasi indomaret ini. Karena tadi saya ingin beli kecap, maka tentu saja dong saya harus memilih dan mencari kecap yang dimaksud.

Bayar

Setelah selesai memilih barang melalui aplikasi belanja indomaret selanjutnya nanti akan diarahkan ke halaman pembayaran. Pada halaman ini kamu bisa memilih salah satu dari sekian banyak metode bayar yang disediakan, baik itu melalui transfer bank, indomaret point sampai menggunakan uang elektronik pun juga ada. Setelah itu lakukan pembayaran, ketika sudah dibayar nanti tinggal tunggu saja barang sampai di rumah.

Berburu Cashback Dan Promo

Tau tidak sih? Salah satu keuntungan memakai aplikasi belanja online indomaret ini adalah kita bisa mendapatkan cashback atau berburu promosi. Biasanya promo seperti cashback atau kupon tersedia di halaman tab promosi yang ada di aplikasi. Atau kamu bisa mengunjungi blogklikindomaret.com untuk mendapatkan informasi promo apa saja yang sedang berlaku.

Promo yang tersedia di aplikasi klik indomaret itu ada banyak sih, seperti potongan harga, beli dua gratis satu sampai gratis ongkir. Yang jelas dengan memanfaatkan promo yang disediakan kamu bisa lebih hemat karena dapat diskon atau cashback yang bisa di pakai kapan saja.

Menunggu Barang Sampai

aplikasi belanja indomaret

Kecap yang saya cari pun akhirnya ada, namun sayangnya harganya belum mencukupi untuk bisa dikirim ke rumah. Tanpa pikir panjang, karena saya lagi pengen nyemil akhirnya saya juga memesan beberapa cemilan ringan serta minuman ringan hingga harganya minimal mencapai 50rb. Karena ini adalah batasan minimal supaya barang bisa dikirim ke alamat rumah.

Setelah itu saya tentukan deh jenis pengirimannya, karena disini ada dua jenis pengiriman yang bisa dipilih yaitu Pengiriman Reguler dan Ekspress. Tentu saja dong saya memilih pengiriman ekspress dengan harga ongkir 7 ribu.

  • Pengiriman reguler akan dikenakan biaya Rp 5.000,- 
  • dan pengiriman ekspress Rp 7.000,-

Kelebihan pengiriman ekspress adalah barang akan dikirim maksimal 1 jam setelah pembayaran lunas. Sedangkan untuk reguler pesanan akan diterima dalam waktu kurang lebih 3 jam setelah menyelesaikan transaksi.

Berburu Gratis Ongkir

Kamu tahu tidak? Kalau aplikasi indomaret belanja online ini juga menyediakan gratis ongkir. Syaratnya cuma memenuhi batas minimal harga doang. Untuk pengiriman reguler, barang yang kamu beli minimal 100rb supaya bisa free ongkir. Sedangkan untuk pengiriman ekspress minimal 150rb. Selain itu barang yang dibeli tidak termasuk Elpiji tabung gas/Isi Ulang 12kg dan Bright Gas tabung /Isi ulang 5.5kg.

Selain itu kamu akan dapat ongkir. Selain itu ada beberapa produk yang hanya kirimikan melalui gudang dimana tentunya durasi waktunya akan lebih lama dibandingkan barang biasa. Yah, barang dari gudang ini cuma khusus produk tertentu doang kok. Kalau kamu cuma beli barang-barang umum dan pokok nanti akan dikirimkan melalui klikindomaret terdekat.

Waktu Mendebarkan

Akhirnya setelah pembayaran sudah selesai saya lakukan tak lama terdengar suara ibu yang berteriak "Lah kamu kok belum berangkat sih?" Saya pun menjawab sembari mencari kata-kata agar saya tidak dianggap anak pemalas. Namun sayangnya tidak dapat dan terpaksa saya jawab dengan kalimat yang mudah dipahami oleh semua orang "Sudah saya belikan online kok, nanti jam 2 insyaallah barangnya datang."

Karena sekarang jam 9 dengan matahari yang terik dan sedikit panas, saya merasa sedikit aman dari omelan. Panas matahari inilah yang membuat saya untuk lebih memilih belanja online melalui aplikasi klik indomaret. Setidaknya saya masih punya waktu beberapa jam sebelum sore menghampiri. Toh kalau memang barang tidak sampai pada waktu yang ditentukan saya bisa langsung lari ke toko belakang untuk beli kecap, besit saya dalam hati.

Detik berlalu, menit pun terlewati hingga tak terasa kalau sekarang waktu menunjukkan pukul satu. "Pakeeet" kata-kata yang terdengar dari luar rumah, sebuah kata yang menghilangkan segala beban. Ternyata sang kurir pun telah tiba, tak lama saya ambil barang belanjaan saya tersebut dan tak lupa mengucapkan terima kasih.

Lalu segera deh saya cari botol kecap yang berada di tumpukan cemilan dan minuman ringan itu. Bergegas deh saya ambil dan langsung mencari si emak untuk memberikan barang yang dia pinta. "Buk, nih kecapnya sudah sampai." "Taruh aja di dapur" sahutnya sambil nonton televisi yang sedang iklan. Setelah itu saya pun balik lagi dan bilang "Bintang limanya mana?" sambil mengulurkan tangan yang seraya meminta imbalan.

Ibu saya pun tak menjawab seolah dia sedang mencari sesuatu yang di dekatnya untuk diambil. Bukan uang yang digenggamnya melainkan sandal, menyadari saya dalam bahaya sebelum dia hendak melemparkan sandal tersebut saya pun bergegas berlari menunju kamar untuk balik rebahan. HAHAHAHAHAHA. Misi sudah sukses saya selesaikan.

Yap, itulah dia sedikit cerita tentang belanja online dengan aplikasi indomaret. Saya merasa hampir semua anak indonesia pasti pernah mengalami hal tersebut yaitu kita disuruh untuk beli sesuatu oleh orang tua. Karena berkembangnya teknologi kita sekarang pun bisa beli sesuatu tanpa ribet ataupun keluar rumah. Terima Kasih Indomaret!!