Oct 26, 2022

Tahun Prediksi Kiamat Menurut Al Quran Di Islam

Bismillahirrahmanirrahim, dengan menyebut nama allah yang maha pengasih dan penyayang. Tulisan ini akan membahas tentang prediksi kapan tahun terjadinya kiamat berdasarkan dalil al quran. Namun sebelum membahas ke pembahasan utama disini akan saya katakan kalau Ilmu terjadinya kepastian kapan kiamat itu hanya milik Allah.

Jadikan tulisan ini sebagai bahan untuk menambah iman kita dan disini saya tidak mengatakan kalau apa yang disampaikan disini pasti benar. Karena yang tahu kebenarannya hanyalah tuhan semesta alam. Kalau membahas kiamat kita masuk ke ranah gaib dimana logika akan sudah tidak berlaku disini. Jadi semua pembahasan ini mungkin bagi sebagian orang cocoklogi namun setidaknya disini saya hanya menyampaikan pendapat berdasarkan apa yang selama ini saya pikirkan, mungkin tadabbur?

Kiamat Sudah Dekat

prediksi kiamat menurut al quran

Kiamat adalah salah satu rukun iman kelima dan sebagai seorang muslim kita wajib percaya kalau kiamat pasti akan terjadi. Tapi kapan? Kalau kamu muslim tetapi tidak percaya kiamat, keimanan kamu patut dipercayakan. Saya sendiri sangat percaya kiamat, kenapa? Satu, dunia ini pasti akan berakhir kalau tidak ada kiamat terus mau sampai kapan dunia ini akan terus ada? Mau ada hingga abadi? Lantas bagaimana dengan orang-orang zalim yang menyakiti orang lain dan berbuat melampaui batas? Apakah mereka akan dibiarkan tanpa adanya keadilan?

Nah, keadilan itulah yang akan ditegakkan ketika dunia ini berakhir. Yaitu setiap manusia, kamu dan saya dan setiap orang yang kamu kenal akan dimintai pertanggungjawabannya di hadapan Allah. Kamu akan ditanya secara langsung oleh Dia yang menciptakan kamu. Kalau kamu memiliki bekal yang cukup, maka ending kamu pasti bahagia.

Makanya untuk mendapatkan keadilan tersebut dunia wajib berakhir lebih dulu dan akhir dari dunia itulah yang disebut dengan kiamat. Mari kita buka al quran kita dan baca di surat Al Ahzab ayat 63 yang berbunyi.

يَسْـَٔلُكَ النَّاسُ عَنِ السَّاعَةِۗ قُلْ اِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ اللّٰهِ ۗوَمَا يُدْرِيْكَ لَعَلَّ السَّاعَةَ تَكُوْنُ قَرِيْبًا

Manusia bertanya kepadamu (Muhammad) tentang hari Kiamat. Katakanlah, “Ilmu tentang hari Kiamat itu hanya di sisi Allah.” Dan tahukah engkau, boleh jadi hari Kiamat itu sudah dekat waktunya.

Hal ini membuktikan kalau kepastian kiamat itu hanya Allah yang tahu, bahkan nabi terbaik dan mulia yaitu rasulullah dan nabi yang lain tidak tahu tentang kepastian kiamat. Sampai malaikat yang mulia yaitu Jibril pun juga tidak tahu. Namun ada ayat lain yang setidaknya mengidikasikan yang membuat bisa kita mengira-ngira kapan sih terjadinya kiamat itu?

Prediksi Hari Kiamat Menurut Al Quran

Kiamat mungkin bisa saja terjadi pada tahun 7880 masehi, sekarang kan masih tahun 2022 ketika tulisan ini dibuat sehingga butuh hampir 5000 tahun lebih lagi. Darimana angka ini di dapat? Pertama mari kita lihat dan buka surat Al Baqarah ayat 143.

وَكَذَٰلِكَ جَعَلْنَاكُمْ أُمَّةً وَسَطًا لِتَكُونُوا شُهَدَاءَ عَلَى النَّاسِ وَيَكُونَ الرَّسُولُ عَلَيْكُمْ شَهِيدًا ۗ وَمَا جَعَلْنَا الْقِبْلَةَ الَّتِي كُنْتَ عَلَيْهَا إِلَّا لِنَعْلَمَ مَنْ يَتَّبِعُ الرَّسُولَ مِمَّنْ يَنْقَلِبُ عَلَىٰ عَقِبَيْهِ ۚ وَإِنْ كَانَتْ لَكَبِيرَةً إِلَّا عَلَى الَّذِينَ هَدَى اللَّهُ ۗ وَمَا كَانَ اللَّهُ لِيُضِيعَ إِيمَانَكُمْ ۚ إِنَّ اللَّهَ بِالنَّاسِ لَرَءُوفٌ رَحِيمٌ

Dan demikian pula Kami telah menjadikan kamu (umat Islam) ”umat pertengahan” agar kamu menjadi saksi atas (perbuatan) manusia dan agar Rasul (Muhammad) menjadi saksi atas (perbuatan) kamu. Kami tidak menjadikan kiblat yang (dahulu) kamu (berkiblat) kepadanya melainkan agar Kami mengetahui siapa yang mengikuti Rasul dan siapa yang berbalik ke belakang. Sungguh, (pemindahan kiblat) itu sangat berat, kecuali bagi orang yang telah diberi petunjuk oleh Allah. Dan Allah tidak akan menyia-nyiakan imanmu. Sungguh, Allah Maha Pengasih, Maha Penyayang kepada manusia.


Perhatikan yang dicetak tebal. Di ayat tersebut mengatakan kalau kita umat islam adalah umat pertengahan artinya kita berada di tengah-tengah masa terjadinya kiamat. Jadi kalau misal kiamat terjadi dalam kurun waktu 100 tahun, maka kalau kita disebut pertengahan artinya kiamat terjadi 50 tahun lagi. 

Kamu tahu surat al baqarah ada berapa ayat? Ayatnya ada 286 dan angka 286 dibagi dua jadi berapa? 143 kan? Nah, ayat tersebut persis banget di tengah-tengah dari surat al baqarah yaitu ayat 143. 

Dengan kata lain kita umat islam merupakan umat tengah-tengah sejak nabi adam diturunkan ke bumi menjadi nabi. Kalau kita bicara tentang tengah, maka berarti sesuatu yang dianggap memiliki tengah itu adalah sesuatu yang memiliki awal dan akhir kan?

Misal, ada penggaris 10cm, kalau saya tanya berapa cm tengah-tengah dari penggaris tersebut? Kamu pasti jawabnya adalah 5cm. Karena kita tahu kalau penggaris tersebut memiliki awal dan akhir, kalau tak ada akhir tentu saja kita tidak akan bisa menyebutkan kalau 5cm adalah sebuah tengah-tengah dari penggaris.

Kalau penggarisnya 15 cm, maka 5cm itu bukan tengah-tengah melainkan tengah-tengah dari 15 cm adalah 7.5cm. Paham? Nah, dengan kata lain. Bila Allah bilang kalau kita umat pertengahan maka artinya? Kita berada di tengah-tengah waktu sampai hari terjadinya kiamat. Hanya saja kita tidak tahu awal dari waktu kita.

Karena kita hanya tahu kalau kita ini umat pertengahan, karena umat pertengahan maka bisa diasumsikan kalau umat nabi adam adalah umat awal. Disini akhirnya saya mencoba mencari berapa lama jarak waktu nabi adam sejak diturunkan ke bumi sampai nabi muhammad lahir. Akhirnya diketahui kalau jaraknya itu adalah 7310 tahun.

Meski jarak tersebut belum pasti kalau jaraknya memang benar 7 millenium. Nah, disini kita asumsikan saja kalau jarak Nabi Adam AS benar selama 7310 tahun. Nah, Nabi Muhammad SAW lahir di tanggal 570 masehi. Di kelahiran nabi muhammad inilah umat islam mulai lahir meski umat islam hadir pada masa beliau umur 40 tahun atau saat diangkat jadi nabi, disini kita menggunakan patokan kelahiran Nabi Muhammad SAW saja supaya lebih mudah.

Jadi sejak Rasulullah lahir, maka waktu sebelum terjadinya kiamat adalah sekitar 7310 tahun lagi. Kalau menggunakan tahun masehi maka 570+7310 = 7880. Dengan kata lain kalau kita berada di tahun 2022 maka sampai terjadinya kiamat ialah 6428 tahun lagi.

Sehingga kalau kamu punya pertanyaan kapan hari kiamat terjadi menurut al quran? atau kapan terjadinya hari kiamat menurut islam? Maka jawabannya adalah kiamat terjadi 6428 tahun lagi, insyaallah dan wallahualam bishawab.

Apakah Benar Kiamat Terjadi 6428 Tahun Lagi?

Wallahualam, karena hanya Allah yang tahu hakikat kebenarnnya. Setidaknya, insyallah kiamat masih cukup lama kalau secara hakikat umat tapi secara umur kita tentu kiamat sudah dekat. Tulisan ini hanya tadabbur saja, kebenaran dikembalikan kepada milik Allah. Lagian apa sih yang sudah kita persiapkan saat kiamat terjadi? Apakah kamu sudah punya bekal?

Balik lagi ke surat Al Ahzab: Katakanlah, “Ilmu tentang hari Kiamat itu hanya di sisi Allah.” Lalu ayat berikutnya: 

Dan tahukah engkau, boleh jadi hari Kiamat itu sudah dekat waktunya.


Yap, benar saja kiamat itu sudah dekat. Kenapa? Ketika kiamat terjadi, insyallah kita semua yang baca tulisan ini pasti suatu saat mati. Karena kematian itu sudah seperti kiamat bagi kita, karena saat kematian itu terjadi kita sudah masuk ke alam barzah atau waiting room. Disini kita hanya menunggu sampai Allah menegakkan hari kiamat tersebut. 

Intinya kalau ingin tahu kepastian kapan kiamat terjadi, dengan menjadikan ayat tadi acuan kalau umat islam umat tengah-tengah. Maka kita harus tahu sudah berapa tahun nabi adam diturunkan sampai allah menurunkan ayat tersebut. Setelah itu tinggal jarak tersebut dikalikan dua dan insyaallah ketemulah hari terjadinya kiamat namun kepastiannya belum ada yang tahu.

Selain itu ada dasar apa sih kelompok manusia dianggap umat oleh allah? Jadi, kalau waktu awal jaraknya salah yaa jumlah waktu yang dimiliki dunia pun juga salah. Maka dari itu jangan jadikan hal diatas sebagai acuan. Karena belum ditemui kesepakatan antara sejarawan beberapa jarak waktu yang tepat antara Nabi Adam dan Nabi Muhammad selain itu belum tentu apa yang disampaikan disini benar.

Kita bahas tentang ayat tentang "boleh jadi hari Kiamat itu sudah dekat waktunya" kenapa Allah bilang gini? Kalaupun benar asumsi jumlah tahun diatas maka Yaah, bagi Allah tinggal 6 hari lagi sampai kiamat. Kenapa bisa begitu? Mari kita buka surat Al Hajj Ayat 47.

وَيَسْتَعْجِلُونَكَ بِالْعَذَابِ وَلَنْ يُخْلِفَ اللَّهُ وَعْدَهُ ۚ وَإِنَّ يَوْمًا عِنْدَ رَبِّكَ كَأَلْفِ سَنَةٍ مِمَّا تَعُدُّونَ

Dan mereka meminta kepadamu (Muhammad) agar azab itu disegerakan, padahal Allah tidak akan menyalahi janji-Nya. Dan sesungguhnya sehari di sisi Tuhanmu adalah seperti seribu tahun menurut perhitunganmu.

Sehari bagi Allah, maka bagi kita itu seribu tahun. Jadi kalau 6428 / 1000 = 6.4 kita bulatkan jadi tinggal 6 atau 7 hari saja bagi Allah. Belum lagi kalau kita menggunakan waktu kita sampai maut menjemput, malah tambah sedikit lagi. Soalnya kita pun setidaknya paling pol masa hidup kita adalah 60 tahun lagi karena Rasullah wafat di umur 63 tahun. Rata-rata umat islam wafatnya juga diantara tahun tersebut, ada yang lebih tetapi sudah jarang banget dan kita tidak tahu kapan wafat kita.

Kejadian Pada Hari Kiamat

Dalam kurun waktu tersebut sudah pasti akan terjadi banyak hal seperti munculnya emas di sungai, keringnya sungai dan sampai diturunkannya Nabi ISA. Hingga fitnah terakhir yaitu fitnah akhir jaman. Kalau kita anggap angka tahun 7310 ini benar, maka mungkin saja semua hal fitnah akhir jaman terjadi pada kurun waktu tersebut.

Lihat saja banyak kejadian yang terjadi di masa-masa setelah wafatnya Nabi Adam sampai diutusnya Rasulullah seperti Banjir Nabi Nuh, Munculnya Fir'aun dan masih banyak lagi.

Kiamat Ditanyakan Tapi Kematian Kok Tidak?

Yang mengkhawatirkan sebenarnya bukan kejadian tentang kiamat melainkan bekal kita setelah hal itu terjadi. Apakah sudah cukup? Padahal ada yang jauh lebih dekat dibandingkan kiamat yaitu kematian yang mungkin akan menghampiri kita dalam waktu beberapa puluh tahun lagi dan bukan ratusan atau ribuan tahun seperti diatas.

Statistik Kiamat Menurut DATA

Kata-kata diatas terkesan akademis banget kan, pakai data? Sebenarnya maksud saya bukan itu melainkan kamu tau kan kalau kiamat akan terjadi di saat di dunia ini penuh banget dengan orang kafir? Kiamat akan terjadi ketika sudah tidak ada lagi adzan, kabah dihancurkan dan kebatilan merajalela.

Distribusi Normal

Kita akan membahas tentang sebuah probabilitas yang dinamakan dengan Bell Curve atau Distribusi Normal. Yaitu suatu saat sesuatu akan sampai di titik jenuh, sebuah grafik akan menunjukkan semakin naik keatas namun sampai di bagian atas tertentu suatu saat grafik itu akan turun.

statistik kiamat

Lah apa hubungannya grafik tersebut dengan kiamat? Ini adalah hubungannya dengan jumlah umat islam. Tahu kan kalau sekarang agama nomor satu adalah agama islam di dunia? Jumlah tersebut akan semakin bertambah setiap tahun dan suatu saat jumlahnya akan stagnan dan perlahan-lahan menurun.

Meski jumlah umat islam ada banyak tapi tahukah kamu? Kalau sebagian besar orang itu cuma islam ktp doang? Maksudnya cuma sekedar islam tapi tidak mempraktekkan islam sebenar-benarnya. Katakan saja dari 100 orang islam yang beneran paham agama islam dan masuk islam secara penuh mungkin saja ada 15 lalu dari 15 itu cuma sebagian kecil yang menjadi ulama yang bener-bener mempraktekkan isi kandungan sunnah rasul dan al quran.

Dari data diatas, dengan kata lain pada suatu tahun jumlah umat islam akan paling banyak namun orang yang beneran islam atau sebut saja mukmin cuma sedikit apalagi ulamanya. Perlahan-lahan di tahun tersebut jumlah orang mukmin makin menipis dan hampir punah. Makanya ada hadist bilang:

Anas bin Malik berkata, “Rasulullah SAW bersabda: 'Di antara tanda-tanda terjadinya hari kiamat yaitu diangkatnya ilmu, kebodohan merajalela, banyaknya orang yang meminum minuman keras, dan zina dilakukan dengan terang-terangan." (HR Muslim).

Yang perlu digarisbawahi adalah diangkatnya ilmu, cara Allah mengangkat ilmu secara perlahan-lahan itu bukan dengan ilmu langsung diangkat melainkan diwafatkannya para ulama, atau para orang-orang yang benar-benar paham agama.

Di masa-masa kritis sebelum islam beneran punah, disitulah diutus Nabi ISA untuk memerangi Dajjal dan mengajak para umat manusia ke jalan lurus lagi. Saat Nabi ISA wafat, mulailah manusia balik lagi ke jaman-jaman sekarang dan yaa sudah. Kiamat akan ditegakkan.

Fakta Kiamat Menurut Hadist

  • Kiamat akan terjadi di waktu dhuha pada hari jumat
  • Tidak ada yang tahu pasti tahun dan bulan apa kiamat terjadi kecuali Allah
  • Tanda kiamat kecil sudah banyak yang muncul
  • Tanda kiamat besar belum karena saat muncul maka munculnya akan berurutan

Yaah, itulah dia sedikit tulisan yang selama ini ada di dalam pikiran. Jadikan tulisan ini untuk menambah kedekatan kepada Allah untuk segera membawa bekal yang cukup banyak agar di akhir kita semua bisa selamat. Semoga yang baca ini kelak nanti kita akan dipertemukan di dalam surga milik Allah, amin ya robbal alamin.