Mar 22, 2024

Manfaat Tak Terbatas Dari Cepatnya Internet Di Indonesia

Dengan kemajuan teknologi di masa kini, sudah tidak dipungkiri kalau Internet sekarang menjadi kebutuhan pokok bagi setiap orang. Mengingat dengan adanya internet membuat yang jauh menjadi terasa dekat, yang sulit menjadi mudah dan keberadaan internet sendiri sudah sangat membantu bagi siapa saja yang bisa memanfaatkannya.

Di indonesia sendiri penyedia internet paling besar adalah IndiHome, salah satu layanan yang sudah digunakan oleh jutaan lebih penduduk indonesia. IndiHome sendiri merupakan layanan yang disediakan oleh Telkom Indonesia. Salah satu perusahaan yang sudah membantu ribuan orang untuk mengakses internet dengan mudah dan cepat.

Manfaat Internet Untuk Berbagai Kalangan

manfaat internet

Sepertinya kita harus merasa bersyukur terlahir di era teknologi yang apapun bisa ditemukan di internet. Apa saja sih manfaat tak terbatas yang bisa kita dapatkan dari internet yang ada di indonesia ini? Terus apa saja keuntungannya bagi kita? Mari kita bahas hal tersebut lebih lanjut di dalam tulisan ini mengenai dampak positif yang di dapat dari adanya internet.
Baca juga:

Sebenarnya manfaat internet itu ada banyak sekali, apalagi dengan keberadaan internet di indonesia ini kita bisa mengakses berbagai macam informasi apapun dari rumah. Baik itu berita luar negeri, berita ekonomi, kabar gosip terbaru sampai perkiraan cuaca pun juga bisa. Karena info yang di dapat dari internetnya indonesia sendiri tak terbatas, segala informasi bisa kita akses dengan mudah.

Namun karena mudahnya mengakses beragam informasi, internet sendiri bisa menjadi pedang bemata dua yang memiliki dampak negatif. Sehingga baik buruknya itu pun tergantung dari pengguna itu sendiri. Maka dari itu pemakaian internet sangat tidak disarankan di pakai untuk anak dibawah umur. Kalaupun digunakan pun harus di bimbing oleh orang tua. 

Namun bagi para pengguna IndiHome yang disediakan oleh Telkom Indonesia bisa sedikit merasa tenang. Karena beragam situs yang memiliki konten negatif sudah diblokir dan tidak bisa diakses lagi. Karena di internet sendiri tidak ada filter khusus mana konten dan informasi yang baik bagi anak dan mana yang tidak, maka orang tua harus memilih penyedia internet yang bisa membatasi akses ke hal negatif. 

Terlepas dari hal tersebut sebenarnya internetnya indonesia punya sejuta manfaat di berbagai macam bidang. Ada 5 bidang yang memberikan dampak sangat positif sekali, yaitu antara lain adalah di bidang:

  • Parenting
  • Gamer & eSport
  • Pendidikan
  • Ekonomi & Bisnis
  • Creative & culture

Mari kita bahas satu persatu dari manfaat internet yang ada pada masing-masing bidang tersebut.

Parenting

keuntungan internet parenting

Banyak orang tua yang khawatir kalau internet bisa saja memberikan dampak buruk pada anak-anak mereka. Tentu saja internet bisa memberikan dampak negatif, itu kalau orang tua memberikan hak seenaknya saja pada anak mereka tanpa dampingan. Karena tidak dipungkiri, kalau keberadaan internet itu bisa membuat kecanduan.

Salah satunya adalah adanya tontonan video yang bisa dilihat dengan bebas. Sebagian orang lebih memilih cara mudah dengan memberikan anak mereka sebuah hiburan menggunakan internet dengan cara mempertontonkan video kartun dan pendidikan yang menarik lainnya. Hal semacam ini sebenarnya tidak ada masalah, namun yang namanya anak-anak tidak memiliki batas menentukan seberapa lama mereka harus nonton tayangan semacam itu.

Sehingga orang tua wajib untuk mendampingi anak mereka ketika anak-anak menggunakan internetnya indonesia. Manfaat internet di bidang parenting adalah, orang tua bisa kapan saja mengetahui kabar si anak dengan cara menghubungi mereka melalui aplikasi seperti Whatsapp, Line ataupun Telegram. Bahkan dengan adanya internet orang tua bisa melacak keberadaan si anak menggunakan GPS.

Tentunya cara ini hanya bisa dilakukan setelah orang tua memasang sebuah aplikasi untuk melacak keberadaan si anak tersebut. Selain itu internet juga bermanfaat untuk mengetahui kondisi mental si anak. Caranya ialah dengan memantau aktifitas sosial media, baik itu di whatsapp, ig ataupun facebook mereka. Kenapa? Karena sebagian besar anak-anak terutama para remaja pasti memposting keluh kesah mereka di sosial media.

Dengan begini orang tua bisa menjadi lebih dekat dengan si anak dan mengetahui kondisi hati mereka. Selain itu internet juga bisa berguna untuk membatasi penggunaan HP yang sedang digunakan oleh si anak. Ada beberapa aplikasi yang mendukung fitur semacam ini, sehingga orang tua bisa memantau segala aktifitas si anak ketika sedang menggunakan internet. 

Gamer & eSport

manfaat internet gamer

Selain di bidang parenting, manfaat tak terbatas dari internet di indonesia adalah di bidang game dan juga esport. Umumnya sebagian besar orang pasti menganggap game itu tidak mendidik. Padahal tidak juga, game sendiri ada yang bisa digunakan untuk melatih otak dan mengasah kemampuan logika serta perhitungan. Sehingga bila dikatakan game itu punya dampak negatif, maka hal tersebut tidak sepenuhnya benar.

Internet yang cepat memiliki dampak positif di bidang esport, yaitu sebuah kompetisi online yang memungkinkan setiap gamer untuk menjadi yang terbaik di game yang dimainkan. Keberadaan internet bisa membuat para atlit esport menjadi terkenal dan mengharumkan nama bangsa. Apalagi indonesa memiliki atlit esport yang sebenarnya jumlahnya tidak sedikit.

Di dalam dunia esport, internet yang cepat itu sangat berpengaruh sekali. Makanya layanan seperti IndiHome memiliki paket khusus gaming. Karena koneksi yang lambat bisa menjadi hal yang sangat fatal dan membuat sebuah tim bisa kalah dengan cepat di dalam sebuah kompetisi esport. Selain itu bagi para gamer, internet bisa berguna untuk mencari informasi sebuah kompetisi game ataupun lawan yang ingin dihadapi.

Pendidikan

manfaat internet bidang pendidikan

Tak selamanya internet itu buruk bagi pendidikan. Karena internetnya indonesia pun bisa bermanfaat juga, apalagi belakangan ini banyak anak yang sekolah di rumah atau WFH. Sehingga internet bisa menjadi jembatan untuk saling belajar tanpa harus berada di dalam satu ruangan. Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan zoom meeting atau meeting video call.

Dimana kegiatan belajar bisa dilakukan tanpa harus pergi ke sekolah. Jadi keberadaan internet ini memiliki pengaruh yang sangat besar bagi dunia pendidikan. Karena membuat setiap anak dan orang masih bisa belajar meski berada di musim pandemi. Selain itu manfaat positif lain dari internet di bidang pendidikan adalah anak-anak bisa mengakses beragam informasi yang diketahui.

Tidak semua hal harus dipelajari melalui buku, melalui internet pun juga bisa. Jadi si anak bisa mencari beragam info mengenai pelajaran yang sebelumnya dipelajari tetapi masih belum bisa di pahami. Internet memudahkan setiap anak untuk melakukan hal tersebut. Selain itu manfaat internet pun juga berguna bagi para guru yang hendak menyampaikan ilmu kepada para anak didik mereka. Para guru pun bisa mencari referensi tambahan melalui internet yang disediakan oleh IndiHome, karena internet memiliki segudang informasi yang dibutuhkan. 

Ekonomi & Bisnis

manfaat internet bidang bisnis

Internetnya indonesia pun memiliki manfaat di dalam bidang ekononi dan bisnis. Salah satunya adalah internet bisa memiliki manfaat untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Karena dengan internet siapa saja sekarang sudah bisa jualan produk sendiri atau membuat toko online sendiri. Hal yang bisa dijual di internet sendiri ada sangat banyak sekali.

Salah satunya adalah seperti baju, jam tangan, peralatan rumah tangga dan beragam hal yang lainnya. Selain itu internet juga bisa membantu para pebisnis untuk saling berhubungan atau mempromosikan produk mereka. Bahkan para pebisnis pun bisa mencari guru atau mentor dari kota lain melalui internet. Sehingga manfaat internet itu memang banyak sekali.

Internet pun bisa membantu para tukang ojek untuk menjemput penunmpang dan bahkan membantu siapa saja yang hendak tersesat dengan memanfaatkan aplikasi GPS yang ada di HP. Sehingga tidak bisa dipungkiri kalau kehidupan kita itu sangat butuh yang namanya internet. Manfaat internet sendiri pun berguna bagi para freelancer, dimana mereka bisa mencari rejeki dengan mencari pekerjaan dari luar negeri. 

Sehingga dengan adanya internet dari Telkom Indonesia, maka bekerja sekarang itu tidak harus keluar rumah. Itulah dia berbagai macam manfaat internet yang bisa di dapat. Saya yakin sebagian besar dari kita sudah merasakan manfaat dari internet namun kita sendiri saja yang tidak menyadarinya.