Apr 2, 2024

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Di Klik di Android (Aplikasi Telah Berhenti)

Saya ingin sharing pengalaman tentang ngatasin aplikasi yang tidak bisa di klik, yaitu kamu klik suatu aplikasi nah tiap kali kamu klik aplikasi tersebut selalu muncul "telah berhenti" terus, seperti "manajer kontak telah berhenti", "Layanan telah berhenti" dan sebagainya. Hal ini sangat umum terjadi pada hp android makanya jangan terlalu heran kalau kamu mengalami masalah ini.

Jika ada masalah pasti ada solusinya kan? Soalnya munculnya tulisan aplikasi berhenti ini sangat menggangu sekali sehingga kamu tidak bisa melakukan hal yang ingin kamu lakukan. Cara mengatasi masalah ini berdasarkan pengalaman saya, jadi kalau hp kamu tidak rewel maka pakai cara ini sudah membuat tulisan aplikasi berhenti tidak muncul lagi.

Mengatasi Masalah Selalu Muncul Tulisan Aplikasi Telah Berhenti

Atasi Aplikasi Berhenti Sendiri

Dari sepengetahuan saya yang membuat aplikasi berhenti adalah ada beberapa hal antara lain, adalah hardware dan software, kalau permasalahannya software sih masih bisa kita atasin tetapi kalau masalahnya hardware yaa terpaksa panggil teknisi untuk perbaikinnya karena ada komponen yang harus kita ganti.

Baca juga: Cheat Fortnite Offline Android Tanpa Root

Disini saya hanya akan membahas masalah soal software yakni masalahnya ada pada aplikasi tersebut, yang namanya aplikasi apalagi buatan manusia sudah pasti bakalan selalu muncul yang namanya bug. Jadi jangan heran ketika kamu ngerasa kamu tidak ngapa-ngapain hp kamu kok malah muncul tulisan telah berhenti. Ini kenapa sih?

kenapa aplikasi telah berhenti

Oke pertama untuk mengatasi ini kita telusuri dulu aplikasi mana yang selalu muncul tulisan telah berhenti? Kalau kemaren saya dimintai tolong untuk ngatasin manajer kontak yang selalu muncul tulisan berhenti di HP Asus, jadi itu manajer kontak tidak bisa di klik sama sekali karena tiap di klik munculnya selalu tulisan tersebut, padahal fungsi aplikasi yang lainnya normal lagian ini hp umurmu juga tidak terlalu lama jadi saya tidak menganggap masalahnya ada pada hardwarenya tetapi pada softwarenya.

Mengatasi Sayangnya aplikasi telah berhenti

Berhubung saya sudah tau aplikasi mana yang jadi biang masalah maka selanjutnya saya tinggal mengingat gambar ikon dari aplikasi tersebut. Setelah itu saya buka pengaturan dan pergi ke "Aplikasi terinstall" itu kalau pakai hp xiaomi tapi kalau pake hp lain biasanya tulisannya cuman "APL" dan lain sebagainya jadi intinya kita pergi ke pengaturan yang memperlihatkan semua aplikasi yang terinstall di hp kamu (Lihat Gambar Diatas).

Setelah itu kamu klik di bagian aplikasi terinstall atau bisa juga disebut dengan manajer aplikasi, setelah kamu klik nanti akan muncul banyak daftar aplikasi yang terinstall di hp kamu.

mengatasi tidak bisa tombol menu

Setelah itu sampai disini kamu harus mencari aplikasi yang selalu muncul tulisan telah berhenti tersebut, nah makanya kenapa saya bilang ke kamu supaya harus mengingat gambar ikon dari aplikasi tersebut soalnya kadang kamu tidak tau nama aplikasinya tetapi kamu bisa mencari aplikasi tersebut berdasarkan ikon gambar aplikasi yang dimaksud.

mengatasi aplikasi selalu berhenti

Sebagai contoh tadi adalah manajer kontak tetapi disini tulisannya bukan itu melainkan Layanan Telepon, berhubung gambar ikonnya sama maka saya klik deh aplikasi layanan telepon tersebut setelah itu silahkan cari tulisan "Paksa Berhenti".

cara mudah atasi aplikasi terhenti

Kalau sudah kamu klik Oke dan coba buka lagi aplikasinya apakah masih muncul tulisan telah berhenti atau tidak, nah kalau masih muncul kita lanjut ke cara kedua. Dari pengalaman saya hal ini tidak selalu menyelesaikan masalah makanya kita lanjut ke cara berikutnya karena ketika saya mencoba ini tulisannya masih muncul.

cara mengatasi aplikasi berhenti terus

Selanjutnya lakukan cara diatas lagi namun setelah itu kamu cari lagi tulisan "Hapus Data" lalu kamu klik Oke. Selanjutnya silahkan buka lagi aplikasinya apakah masih muncul tulisan tersebut? Harusnya sampai disini masalah kamu sudah teratasi karena saya melakukan hal ini masalah sudah selesai dan tidak muncul lagi tulisan aplikasi berhenti.

Baca juga: Aplikasi Youtube Mod Lihat Youtube Tanpa Iklan

Sampai sini kamu bisa memilih untuk mengahpus cache daripada menghapus data, kalau menghapus data maka cache juga ikut terhapus tetapi kalau hapus cache data tidak akan ikut terhapus. Jadi silahkan coba salah satunya.

Kenapa hal ini bisa terjadi dan kenapa dengan menghapus data bisa mengatasi masalah ini? Karena seperti yang sudah tak bilang di awal kalau aplikasi itu kadang punya BUG dan tiap aplikasi juga punya kemampuan untuk menyimpan beberapa hal yang kita lakukan, misal di bagian pengaturan kita ingin mengubah nada pesan kita dengan nada yang kita inginkan.

Dengan adanya cache ini kita tidak harus melakukan atau menyetel ulang nada pesan tiap kali kita menghidupkan hp. Jadi itulah alasan kenapa kalau ada bug kemungkinan bug tersebut tercatat dan masuk ke dalam cache makanya tiap kali kita klik selalu muncul masalah tersebut.

Kalau kita hapus data atau cachenya maka aplikasi bakalan membuat catatan data dan cache baru, jadi dengan cara ini bisa dibilang membuat aplikasi kita seperti baru lagi.

Cara ini juga bisa untuk ngatasin tidak bisa klik tombol home atau tombol menu aplikasi di hp android. yaa intinya sih cara ini bisa ngatasin aplikasi yang bermasalah dan membuat tiap di klik selalu muncul tulisan aplikasi telah berhenti.

Cara Atasi Aplikasi Tidak Bisa di Klik

Kalau masalahnya ada pada tidak bisa klik tombol "kumpulan aplikasi" atau pas klik tombol home muncul "gambar aneh" yaa selanjutnya tinggal hapus data yang berhubungan dengan launcher. Soalnya saya juga sempat dimintai tolong hal seperti ini dan masalahnya ada pada launchernya.

Cara ini bisa kamu gunakan selama yang error itu cuman 1 atau 2 aplikasi saja jadi pas kamu klik aplikasi lain bisa tetapi pas klik aplikasi yang selalu muncul tulisan telah berhenti itu kamu klik terus tidak bisa. Saya share ini adalah karena saya sudah pernah dimintai tolong oleh 2 orang untuk ngatasin masalah seperti ini, dan pas saya coba memang work.

Baca juga: Cheat GTA San Andreas Ps3 Work dan Lengkap

Hp kembali seperti semula asal masalahnya bukan pada emmc dan yang lainnya. Jika cara diatas ini tidak bisa mengatasi masalahnya atau cuman ngatasin masalah tetapi hanya sementara maka selanjutnya hal yang perlu kita lakukan adalah dengan melakukan Flash Ulang, silahkan cari file rom hp kamu dan flash ulang sendiri baik pakai pc atau hp kamu langsung.

Karena biasanya ada hp yang selalu muncul tulisan telah berhenti terus masalahnya ada pada hardwarenya, kalau sudah begini yaa solusinya bisa minta diservis atau di LEM BIRU alias Lempar Beli Baru. Sekian dulu, artikel ini mengenai cara mengatasi aplikasi yang selalu muncul tulisan telah berhenti.