Apr 19, 2024

Tulisan Arab Bismillah ﷽ Lengkap (Copy Paste)

Inilah kumpulan tulisan arab bismillah ﷽ yang bisa di copy dan juga paste. Bismillah merupakan sebuah kata yang wajib diucapkan seorang muslim dan muslimah saat memulai kegiatan apapun. Kata bismillah sendiri memiliki arti yaitu "Dengan Menyebut Nama Allah". Tulisan ini sendiri selalu muncul di semua pembuka surat al quran kecuali satu.

Kita sendiri diwajibkan untuk membaca tulisan arab bismillah hirohman nirohim secara lengkap saat sebelum membaca qur'an. Jumlah kata tulisan bismillah di quran itu sama dengan jumlah suratnya yaitu ada 114, karena meskipun ada satu surat tanpa diawali dengan bacaan bismillaharab tetapi ada surat lain yang memiliki dua tulisan arab bismillahirrahmanirrahim.

Mengenal Tulisan Arab Bismillah Hirohman Nirohim

tulisan arab bismillah

Berbeda dengan tulisan bismillah arti arab bismillah hirohman nirohim ada tambahan sifat Allah. Dimana terjemahnnya memiliki makna "Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang". Setiap muslim sangat dianjurkan membaca ini di setiap melakukan aktifitas, seperti sebelum makan, minum sampai bepergian.

Baca juga:

Bahkan saat menyembelih hewan pun wajib membaca tulisan bismillah arab supaya hewan kurban tersebut tidak menjadi haram. Nah, buat siapa saja yang ingin melakukan copy paste tulisan bismillah arab ini berikut adalah beberapa huruf yang bisa disalin dan dipaste dimanapun. Totalnya ada beberapa, silahkan pilih salah satu.

Daftar Tulisan Arab Bismillah

Berikut adalah beberapa daftar tulisan arab bismillah hirohman nirohim yang bisa di pakai.

  • بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
  • بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْمِ
  • بسم الله الرحمن الرحيم
  • سم اللّٰه الرحمن الرحيم

Manfaat Membaca Bismillah


Banyak hadist yang berkaitan dengan tulisan bismillah ini, salah satunya adalah berkaitan dengan melindungi diri kita dari gangguan setan. Yaitu saat sebelum memasuki rumah, sebelum makan dan minum. Bahkan saat sebelum berganti pakaian, karena dengan membaca bismillah akan ada hijab atau penghalang antara kita dengan setan sehingga mereka tidak bisa melihat kita berganti baju.

Dapat Pahala 190

Membaca bismillahirohmanirohim secara lengkap membuat kita dapat pahala sebanyak 190 kebaikan. Hal ini merujuk pada hadist berikut:

Barangsiapa membaca satu huruf dari kitab Alloh, maka dia mendapatkan satu kebaikan dengannya. Dan satu kebaikan itu (dibalas) sepuluh lipatnya. Aku tidak mengatakan alif lam mim satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf. 

(HR. Tirmidzi no: 2910. Dishahihkan Syaikh Al-Albani di dalam Ash-Shohihah, no. 3327; dan Syaikh Salim Al-Hilali di dalam Bahjatun Nazhirin 2/229)

Coba deh hitung tulisan bismillahirrahmanirrahim ada berapa huruf, nanti setidaknya akan ditemukan 19 huruf. Dimana 19 x 10 = 190. Sedangkan kalau cuma membaca bismillah saja yang cuma 70 kebaikan saja. 

Mengandung Dua Asmaul Husna


Kata tulisan arab bismillah hirohman nirohim memiliki dua asmaul husna, yaitu nama Allah Ar Rahman dan Ar Rahim. Meski keduanya terlihat sama tetapi secara makna sedikit berbeda, berdasarkan penjelasan beberapa ustadz. 

Sifat Ar Rahman ini, merupakan sifat kasih sayang Allah yang mencakup seluruh Mahkluk tanpa terkecuali. Sedangkan untuk Ar Rahim ini merupakan kasih sayang Allah yang khusus untuk orang-orang beriman saja.

Di dalam unicode, kata bismillah bisa dimunculkan dengan menggunakan kode U+FDFD. Selain itu tulisan bismillah pun juga sering kali digunakan sebagai kaligrafi. Yaitu sebuah seni menulis indah tanpa menghilangkan makna yang dimaksud. Biasanya tulisan arab ini juga sering dicetak dan dijadikan stiker.  Yup, itulah dia beberapa tulisan dari kata arab bismillah yang bisa dicopy dan paste bila dibutuhkan. Sekian dulu dan terima kasih sudah membaca bila ada kesalahan silahkan diralat.