Jan 25, 2023

Aneh!! Wanita MURTAD Karena Surat Ar Rahman Kok Bisa?

Ada cerita yang menurut saya menarik untuk dibahas, yaitu tentang seorang wanita yang murtad atau keluar dari agam islam hanya karena surat ar rahman. Sebenarnya kisah ini saya dengar dari seorang dai luar negei yaitu Nouman Ali Khan. Dimana ceritanya wanita ini meninggalkan islam karena surat ar rahman.

Tahu kan? Ar Rahman sendiri merupakan surat di dalam al quran yang menempati urutan ke 55. Surat ini memiliki arti Tuhan Yang Pengasih atau Penyayang atau bisa juga Tuhan Maha Pemurah. Allah itu Ar-Rahmaan (dalam bahasa arab: ٱلْرَّحْمَـانُ). Dialah yang memberkahi semua ciptaan-Nya dengan kemakmuran dan bebas dari perbedaan. Dia paling penyayang, baik hati, dan penuh kasih terhadap semua ciptaan. Rahma-Nya mencakup semua dan merangkul semua.

Arti Ar Rahman

allah ar rahman

Dari akar kata ra-ha-mim (ر ح م), yang memiliki konotasi bahasa Arab klasik berikut ini: memiliki kelembutan, kelembutan, kebaikan untuk mencintai belas kasihan, memiliki rasa kasihan untuk menunjukkan kebaikan dan kebaikan untuk memiliki semua yang dibutuhkan untuk kemurahan hati. Hampir semua surat kecuali at taubah pasti dibuka dengan kata ini.

Karena kata ini sendiri merupakan salah satu nama Allah dan termasuk ke dalam salah satu asmaul husna. Pada intinya kata ini menunjukkan kalau Allah itu Dzat yang maha pengasih dan sayang banget kepada setiap makhluknya. Rasa sayangnya melebihi dari rasa sayang seorang ibu kepada anaknya. Lantas kok bisa wanita tersebut keluar dari islam karena surat ini?

Konteks

Untuk memahami konteksnya, silahkan tonton video yang dijelaskan oleh Nouman Ali Khan sendiri dibawah ini.

Intinya sih wanita ini meninggalkan islam alias murtad karena surat ar rahman, dimana Allah kan maha pengasih dan sayang banget kepada makhluknya lalu kenapa sih kok ada yang disiksa di neraka? Padahal kan Allah Maha Pengasih kok malah menyiksa makhluknya?

Jawaban

Gini yaa, kamu tahu kan Allah itu sayang banget sama makhluknya? Dan Allah itu Maha Pengasih, Maha Sayang. Saya ulangi MAHA kalau dalam bahasa kata MAHA sendiri berati amat sangat. Dengan kata lain Allah itu AMAT SANGAT SAYANG BANGET kepada makhluknya. Lantas, yang jadi pertanyaan adalah 

Apa yang dilakukan orang itu sampai yang MAHA PENGASIH saja memasukkannya ke dalam neraka?
Coba jawab deh, yang Maha Pengasih saja memasukkan dia ke dalam neraka lantas selama hidup orang tersebut ngapain aja coba? Hayooo.

Misal saja yaa, kamu punya temen yang sangat akrab banget. Dia itu baik banget, kalau bicara jujur, kalau berkata lemah lembut, kalau kamu butuh uang dikasih dan ga perlu balikin. Dia sangat pemaaf, pokoknya sifatnya itu sempurna banget kamu sering tidur bareng sama dia dan tahu banget sifatnya. Terus kamu tanya sama ke temen kamu yang lain jawabannya itu sama.

Lalu ada seseorang yang tidak kamu kenal, ketika orang tersebut ngomong sama teman kamu tadi malah diacuhkan. Dicuekin dan tidak digubris, bahkan terkesan menghindar sama dia. Lantas yang jadi pertanyaan yang dilakukan sama orang tersebut ke temen kamu apa sih? Kok bisa-bisanya sama semua orang sangat baik dan lembut tetapi cuma sama dia aja yang dicuekin?

Pasti dong sebagai manusia bila ada teman yang sangat baik ke semua orang tetapi ga sama satu orang sudah pasti dengan orang tersebut ada masalah atau sesuatu. Sesuatu yang tentu saja yang dilakukan sudah melampaui batas sampai temen kamu yang baik banget menghindari dia. Yang patut ditanyakan bukan kenapa di surat ar rahman yang menjelaskan tentang sifat Allah yang maha pengasih ada azab siksa neraka.

Melainkan kenapa sampai ada orang yang di azab di neraka padahal Allah itu sudah maha pengasih dan penyayang. Yang dilakuin orang tersebut apa saja?

Neraka Di Surat Ar Rahman

  • Kepada kamu (jin dan manusia), akan dikirim nyala api dan cairan tembaga (panas) sehingga kamu tidak dapat menyelamatkan diri (darinya).
  • Maka pada hari itu manusia dan jin tidak ditanya tentang dosanya.
  • Orang-orang yang berdosa itu diketahui dengan tanda-tandanya, lalu direnggut ubun-ubun dan kakinya.
  • Inilah neraka Jahanam yang didustakan oleh orang-orang yang berdosa.
  • Mereka berkeliling di sana dan di antara air yang mendidih.
Di sisi lain Allah juga menyerbutkan tentang surga

Surga Di Surat Ar Rahman

  • Dan bagi siapa yang takut akan saat menghadap Tuhannya ada dua surga.
  • kedua surga itu mempunyai aneka pepohonan dan buah-buahan.
  • Di dalam kedua surga itu ada dua buah mata air yang memancar.
  • Di dalam kedua surga itu terdapat aneka buah-buahan yang berpasang-pasangan.
  • Mereka bersandar di atas permadani yang bagian dalamnya dari sutera tebal. Dan buah-buahan di kedua surga itu dapat (dipetik) dari dekat.
  • Di dalam surga itu ada bidadari-bidadari yang membatasi pandangan, yang tidak pernah disentuh oleh manusia maupun jin sebelumnya.
  • Seakan-akan mereka itu permata yakut dan marjan.
  • Tidak ada balasan untuk kebaikan selain kebaikan (pula).
  • Dan selain dari dua surga itu ada dua surga lagi.
  • kedua surga itu (kelihatan) hijau tua warnanya.
  • Di dalam keduanya (surga itu) ada dua buah mata air yang memancar.
  • Di dalam kedua surga itu ada buah-buahan, kurma dan delima.
  • Di dalam surga-surga itu ada bidadari-bidadari yang baik-baik dan jelita.
  • Bidadari-bidadari yang dipelihara di dalam kemah-kemah.
  • Mereka tidak pernah disentuh oleh manusia maupun oleh jin sebelumnya.
  • Mereka bersandar pada bantal-bantal yang hijau dan permadani-permadani yang indah.
  • Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?
Padahal penyebutan surga jauh lebih banyak daripada neraka, tetapi sebagian orang lebih fokus ke neraka dan melupakan esensi sebenarnya. Menurut saya inilah talbis iblis atau langkah langkah setan dalam menyesatkan manusia. Kalau kamu baca makna diatas ada beberapa kesimpulan.

Kesimpulan

Orang yang masuk neraka adalah orang yang tidak percaya adanya neraka berdasarkan arti dari "Inilah neraka Jahanam yang didustakan oleh orang-orang yang berdosa." Selain itu orang yang masuk neraka memang penuh dosa, dan selalu melakukan kejahatan buktinya adalah ayat "Tidak ada balasan untuk kebaikan selain kebaikan (pula)." Dengan kata lain kalau dia melakukan kebaikan bakalan masuk surga dong?

Sehingga memang orang tersebut benar-benar melampaui batas sampai-sampai masuk neraka. Ketika orang tersebut dianggap jahat oleh Allah sudah pasti orang itu bakalan tampak jahat juga di mata manusia. Namun semua masih belum terlambat, pintu tobat masih terbuka walau banyak dosa sekalipun kalau beneran toba yang murni pasti diterima dan dihapus dosanya. Makanya Allah itu Ar Rahman.