Dec 17, 2022

Hitori Kokurenbo: Permainan Jelangkung Ala Jepang. Nyata Atau Palsu??

Pernah denger apa itu Hitori Kakurenbo? Kalau dibahasa indonesiakan sih artinya adalah Petak Umpet Sendirian. Yaitu sebuah ritual pemanggilan hantu yang berasal jepang dimana ritual ini memiliki konsep yang hampir sama dengan jelangkung yang ada di indonesia. Petak umpet sendirian ini sebenarnya pernah populer di kaskus pada tahun 2014, yang bahkan katanya menelan korban.

Rasanya agak telat banget untuk mengangkat topik tentang hitori kakurenbo tetapi tidak ada salahnya kan? Karena saya sendiri sempat teringat, kalau dulu permainan petak umpet ini sangat populer bahkan banyak youtuber yang ingin melakukannya dan membuat video sendiri-sendiri. Terlepas apakah semua video tersebut real atau settingan.

Misteri Permainan Petak Umpet Hitori Kakurenbo

hitori kakurenbo

Tulisan ini akan membahas sedikit tentang misteri permainan petak umpet bernama hitori kakurenbo berikut. Apakah nyata? Atau ini cuma permainan palsu yang tidak ada efeknya? Pertama yang perlu diketahui lebih dulu adalah, sebenarnya hitori kakurenbo ini sebuah permainan yang tidak benar-benar sendirian. Melainkan kita main petak umpet dengan boneka.

Baca juga:

Untuk memainkan hitori kakurenbo challenge ini harus mengikuti peraturan, salah satunya adalah dengan main sendirian dan harus dimainkan di waktu jam 3 pagi. Disini saya tidak akan menjelaskan tentang cara bermain petak umpet hitori kakurenbo. Namun lebih ke pembahasan mengenai misteri permainan petak umpet satu ini.

Yang jelas, permainan hitori kakurenbo memiliki banyak aturan yang wajib dilakukan agar pemanggilan roh itu sukses. Karena pada dasarnya disini kita itu main petak umpet dengan boneka, dimana kita harus melakukan sebuah ritual supaya boneka tersebut bisa hidup karena roh yang kita panggil.

Nah, apa bedanya dong dengan jelangkung yang ada di indonesia? Secara konsep sih sama, yaitu sama-sama memanggil roh atau lebih tepatnya jin. Di dalam cara bermain petak umpet hitori kakurenbo sendiri dijelaskan kalau saat main kita harus mematikan lampu. Selain itu kita pun tidak boleh menghentikan permainan di tengah jalan karena KATANYA ini adalah permainan yang berbahaya. Masa sih?

Kebenaran Permainan Hitori Kakurenbo

Mungkin kamu bertanya-tanya, apakah permainan hitori kakurenbo itu nyata dan beneran bisa memaggil arwah? Jawabannya adalah bisa IYA dan TIDAK. Lebih tepatnya tergantung, mari kita usut lebih dulu dari sisi pandangan agama.

Yang pertama yang wajib kita yakini adalah kalau di dunia ini kita hidup bersama 'sesuatu yang tak kasat mata'. Mereka ini sosok yang pasti selalu ada dan hidup berdampingan dengan kita, sebutan mereka adalah jin. Hal ini sudah dijelaskan berulang kali di al quran kalau jin itu memang ada.

“Dan tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia, melainkan supaya mereka menyembah-Ku”. (QS. Adz Dzariyat: 56)
Meski ada tetapi keberadaan mereka itu tidak tampak, mereka bisa melihat kita tetapi kita tidak bisa melihat mereka.

Janganlah sampai kamu tertipu oleh setan...... Sesungguhnya dia dan pengikutnya dapat melihat kamu dari suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka. Al-A'raf 27
Karena keberadaan setan atau jin itu nyata, jadi tidak heran kalau memang sosok mereka bisa masuk ke sebuah benda. Apalagi kalau ada yang melakukan sebuah ritual khusus yang memang bertujuan untuk memanggil mereka. Buktinya adalah dimatikannya lamu, lalu boneka yang harus di isi beras serta permainan dilakukan di jam tiga malam. Yaitu waktu mendekati subuh, coba kita lihat hadist ini.

“Janganlah shalat ketika matahari terbit dan janganlah shalat ketika matahari tenggelam karena ketika itu matahari terbit dan tenggelam di atas tanduk setan. Shalatlah di antara itu semau kamu.” (HR. Abu Ya’la dalam musnadnya, 2/200 dan Al-Bazzar, 1/293/613. Syaikh Al-Albani dalam Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah, no. 314 mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan)
"Jika malam datang menjelang, atau kalian berada di sore hari, maka tahanlah anak-anak kalian, karena sesungguhnya ketika itu setan sedang bertebaran. Jika telah berlalu sesaat dari waktu malam, maka lepaskan mereka. Tutuplah pintu dan berzikirlah kepada Allah, karena sesungguhnya setan tidak dapat membuka pintu yang tertutup. Tutup pula wadah minuman dan makanan kalian dan berzikirlah kepada Allah, walaupun dengan sekedar meletakkan sesuatu di atasnya, matikanlah lampu-lampu kalian." (HR. Bukhari, no. 3280, Muslim, no. 2012)
Waktu-waktu tersebut menunjukkan kalau setan memang sedang aktif-aktifnya. Jadi tidak heran bila ada orang yang memainkan permainan ini mengalami sesuatu yang tidak mengenakkan. Seperti merasa di ikuti, lalu merasa di awasi dan lain sebagainya.

Misteri Permainan Petak Umpet Sendirian

Apakah permainan ini beneran dan bisa memanggil hantu? Jawabannya adalah sama dengan permainan jelangkung, apakah bisa memanggil hantu? Kita illustrasikan begini, kamu pernah tidak di sebuah jalan yang ramai mencoba melambaikan tangan untuk mencari tumpangan gratis? Kalau ga pernah coba saja bayangkan, nah apakah setiap orang yang kamu lambaikan tangannya akan berhenti dan memberi kamu tumpangan?

Saya yakin tidak, karena tidak semua orang akan berhenti. Sama halnya dengan permainan petak umpet ini, tidak semua orang berhasil. Selain itu faktor lain yang perlu diperhatikan adalah lokasinya, sama halnya dengan jalanan tadi. Semakin kita mencari tumpangan di jalanan ramai maka akan semakin cepat kita bisa menumpang dengan gratis.

Nah, kalau main hitori kakurenbo itu tadi di tempat yang banyak jinnya. Yaa otomatis mereka terpanggil, namun kalau sepi yaa tidak laaah. Karena manusia tidak tau sepi tidaknya sebuah lokasi itu apakah banyak jin atau tidak maka tidak heran kalau banyak yang gagal. Sama halnya mencoba mencari tumpangan di jalan raya tadi, kalau di jalanan sepi meski sampai dua jam pun tidak akan dapat tumpangan.

Bila di jalanan tersebut yang lewat hanya satu atau dua kendaraan tiap hari. Paham kan maksudnya? Banyak yang menyarankan untuk tidak main permainan ini di reddit. Selain 'menakutkan' pun resikonya adalah berurusan dengan makhluk tak kasat mata. Agama islam pun melarang permainan ini karena ngapain sih main sama makhluk yang banyak ngibul? Apalagi ga terlihat mata pula.

Mending main sama manusia kan enak? Selain itu kalau kamu penasaran dengan permainan ritual pemanggilan setan ala jepang bisa baca komentar di blog ini. Banyak hal menarik yang bisa kamu baca, dari sudut pandang masing-masing orang.

Asal Usul Hitori Kakurenbo

Asal usul hitori kakurenbo adalah bermula ketika seorang anak ingin main petak umpet tetapi dia tidak memiliki teman sama sekali sehingga mencoba bermain menggunakan boneka serta melakukan ritual pemanggilan arwah supaya boneka tersebut hidup. 

Yup, asal usul hitori kakurenbo diatas cuma asumsi saja aja karena sangat sulit menelurusi kebenaran mengenai permainan ini. Apalagi ini adalah permainan yang hampir sama dengan jelangkung yang populer di indonesia. Permainan ini menurut saya cuma cocok di rumah yang beneran berhantu yang memiliki banyak sekali gangguan, apalagi mainnya dengan cara semua lampu dimatikan dan hanya ada satu televisi saja.

Yaa otomatis para jin yang suka menggoda manusia bakalan senang dong dan menunjukkan eksistensi mereka. Padahal sudah menjadi rahasia umum semakin kita takut setan akan semakin besar dan berani. Makanya ngapain takut? Selama kamu tidak main dan juga sering sholat dan sering meminta perlindungan sama Allah permainan ini tidak akan memiliki efek. Tapi orang muslim mana mau sih nyobain permainan ini, iya ga?