Mar 21, 2024

Makalah Laporan Praktikum Korosi Pada Paku

Korosi adalah proses hancurnya sebuah material akibat dari proses kimia. Dimana proses korosi dibagi menjadi dua yaitu korosi kering dan korosi basah dan banyak sekali proses yang menyebabkan korosi. Bahkan korosi sendiri dapat digolongkan menjadi delapan bagian. Nah, salah satu studi ilmu sains yang biasa dilakukan adalah korosi pada paku.

Disini saya akan membagikan mengenai makalah laporan praktikum korosi pada paku yang menjelaskan tentang bagaimana korosi itu bisa terjadi. Laporan ini bisa sangat berguna dan membantu kamu dalam memahami dan meneliti penelitian tentang reaksi kimia yang menyebabkan sebuah korosi. Bila penasaran kamu pun juga bisa mendownload laporan praktikum ini ke dalam bentuk pdf.

Proses Terjadinya Korosi Pada Paku

laporan praktikum korosi pada paku

Salah satu korosi yang sering terjadi dengan sangat cepat adalah korosi pada paku. Buat yang pemiliki bahan bangunan atau kamu yang pernah tahu kalau saat beli paku, belum sampai satu bulan besi yang dipaku tersebut mengalami sebuah korosi. Dimana yang awalnya paku tersebut masih mengkilap tiba-tiba berkarat berwarna coklat.

Nah, laporan praktikum korosi pada paku inilah yang akan menjelaskan bagaimana proses ini terjadi. Bagaimana bisa paku bisa berkarat begitu cepat akibat dari korosi? Lantas apa sih yang menyebabkan korosi ini bisa bereaksi begitu cepat? Apakah udara? Apakah air? Atau ada hal lainnya? Untuk mengetahui hal tersebut silahkan baca laporan praktikum yang telah disusun dari berbagai sumber.

Laporan praktikum korosi pada paku ini disediakan dan dirangkum oleh netsains.id yang sudah menyajikannya dengan begitu lengkap. Ada beberapa rumusan masalah yang menjadi topik utama yaitu bagaimana proses perkaratan terjadi, faktor apa saja yang membuat paku mengalami korosi sampai bagaimana mencegah korosi itu terjadi pada paku?

Bahkan laporan praktikum ini pun menyediakan beberapa cara metode untuk menganalisa bagaimana proses pengkaratan serta pengkorosian itu terjadi. Makalahnya pun menyediakan beberapa bab dengan pembahasan secara lengkap mulai dari rumusan masalah hingga hasil serta pembahasan ilmiah dari korosi yang terjadi pada paku tersebut.

Download Laporan Praktikum Versi PDF

  • Laporan Praktikum Korosi Pada Paku PDF (Download)

Penelitian ilmiah dari pengkorosian pada paku ini sudah sering dilakukan dan digunakan sebagai uji coba di dalam beberapa mata pelajaran. Beberapa siswa pun sudah melakukan uji coba secara langsung dan memahami dengan jelas mengenai proses kimia yang sering terjadi di sekitar kita ini. Yup, itulah pembahasan tentang reaksi kimia yang membuat paku menjadi korosi. Semoga membantu!