Mar 20, 2024

Mengenal Istilah Dan Arti Kata Deformasi

Deformasi adalah salah satu istilah di dalam ilmu material yang memiliki makna tentang perubahan sesuatu. Secara lengkap deformasi adalah perubahan bentuk atau ukuran dari sebuah objek diakibatkan dari penerapan gaya atau Perubahan suhu. Contoh konkrit dari deformasi adalah perubahan peyoknya sebuah tong.

Kata deformasi bukan hanya di pakai dalam ilmu teknik saja melainkan juga dalam dunia seni. Dimana arti kata deformasi di bidang seni adalah perubahan bentuk sebuah objek dari aslinya. Dengan kata lain ialah membentuk objek baru dari objek yang sudah ada. Banyak sekali film kartun, animasi menggunakan sebuah deformasi untuk menciptakan sesuatu yang baru.

Memahami Kata Deformasi

deformasi adalah

Penciptaan deformasi dilakukan agar tercipta sebuah keindahan dari sebuah objek yang sudah ada. Menurut scholar.co.id pemakaian teknik deformasi sangat bermanfaat untuk menciptakan objek menjadi sebuah hiasan yang di pajang di dalam rumah. Kata deformasi sendiri bukan hanya terbatas di dunia seni saja melainkan juga dunia ekologi, dunia fisika hingga kimia.

Bila dilihat secara arti kata deformasi adalah sesuatu hal yang memiliki makna yang kurang lebih sama. Yaitu berubahnya bentuk diakibatkan oleh sesuatu. Dalam teknik sipil pun juga memiliki istilah ini sehingga kata deformasi termasuk ke dalam hampir semua bidang. Walaupun kita sendiri jarang sekali mendengar orang-orang mengucapkan kata ini.

Hal ini dikarenakan pemakaian kata deformasi adalah digunakan ke dalam hal yang bersifat formal. Seperti di bidang penelitian ilmiah, pembuatan skripsi dan lain sebagainya. Kata deformasi merupakan dari kata serapan bahasa inggris yaitu deformation. Namun kata deformasi lebih sering dipakai di dalam seni budaya.

Kata ini cukup sering di pakai untuk menyebutkan tugas seni rupa dimana kita disuruh untuk membuat sebuah objek baru dari objek yang sudah ada. Tentu saja tugas deformasi ini sangat membantu kita dalam mengasah kreativitas. Bagaimana, sudah paham kan mengenai kata deformasi ini? Itulah dia sedikit penjelasan tentang deformasi.