Dec 30, 2023

Cara Mod Game Android Dengan IDA Pro

Terkadang saya mendapatkan sebuah pesan chat melalui whatsapp mengenai bagaimana sih cara bikin mod di game android? Jujur saja, ilmu saya ini terlalu dikit banget untuk mengajarkan kalian mengenai membuat game mod. Saya sendiri tidak paham kalau di tanya ini dan itu, malah terkadang yang chat saya balas dengan jawaban tidak tahu.

Yaa memang itulah kenyataannya, saya sendiri mulai bikin mod game android menggunakan game dream league soccer. Saya waktu itu lupa sih kenapa bikin mod, kalau tidak salah karena ingin menambahkan sebuah fitur di dalam game dream league soccer tersebut. Bermodalkan koneksi internet akhirnya saya telusuri tutorial tentang mod game yang ada.

Tutorial Mod Android Dengan IDA Pro

tutorial menggunakan ida pro

Ini adalah lanjutan dari tulisan saya sebelumnya tentang cara membuat mod game android sendiri. Pada tulisan ini saya hanya sedikit menjelaskan bagaimana cara membuat mod apk game kamu sendiri. Membuat mod apk kali ini menggunakan aplikasi bernama IDA Pro. Aplikasi ini sudah biasa digunakan untuk melakukan editing sebuah file.
Tepatnya sudah biasa digunakan untuk reverse engineering sebuah aplikasi dan semacamanya. Jadi supaya bisa melakukan mod game kamu sendiri kamu membutuhkan aplikasi satu ini. Ini adalah aplikasi berbayar tetapi kamu bisa mencari versi gratisanya dulu. Untuk membuat mod game android kamu sendiri itu ada beberapa cara dan salah satunya adalah dengan IDA.

Fungsi dari ida pro ini nanti adalah kita mencari kode hex dari file .so game yang ingin kita mod. Disini saya hanya menjelaskan tutorial dan cara yang saya lakukan saja, selebihnya kamu bisa melakukan improvisasi karena saya sendiri juga belajar dari google dan youtube. Makanya kamu bisa memanfaatkan hal tersebut untuk belajar.

Kebanyakan tutorial dalam membuat mod ini berbahasa inggris jadi kamu minimal harus bisa bahasa inggris. Lha wong aplikasi yang dibuat saja juga menggunakan bahasa inggris. Cara melakukan mod game android ini lebih mudah kalau kamu seorang programmer atau coder yang bisa membuat game android. Setidaknya sih kalau tidak begitu kamu adalah seseorang yang pintar matematika.

Karena kebanyakan para hacker itu pinter banget soal matematika soalnya dalam dunia seperti ini yang paling penting itu adalah memahami logika sebuah mesin, perintah dan sebagainya. Tetapi hal ini tidak wajib kok, kamu bisa saja jadi modder game android walau tidak bisa coding dan bukan seorang programmer. Namun hal tersebut tentu jauh lebih sulit karena kamu tidak paham apa yang akan kamu lakukan.

Alat yang dibutuhkan

  • Aplikasi Ida pro
  • Arm converter
  • HxD
  • Aplikasi yang ingin di mod
  • Winrar
  • Apk easy tool atau aplikasi yang bisa compile dan decompile apk.
  • Otak
  • Dan yang tak kalah penting kemauan untuk mencoba

Cara Mod game Android Sendiri

Berikut ini adalah penjelasan singkat tentang cara membuat mod game apk android kamu sendiri.
  • Pilih game yang ingin di mod
  • Buka di IDA Pro
  • Cari mana yang bisa di mod
  • Cari offset dan ganti kode hexnya
  • Ubah offset tersebut dengan kode baru.
  • Setelah hex file .so game tersebut diubah
  • Masukkan ke dalam file apk
  • Sign
  • Coba mainkan
Caranya sih seperti itu, singkat banget. Berikut penjelasan lengkapnya dan sebelum kamu melakukan cara ini kamu harus menyiapkan dulu alat yang dibutuhkan tadi.

Cari Game Yang Ingin di Mod

Pertama kamu tentukan dulu game apa yang ingin di mod, sebagai awalan jangan langsung melakukan mod game yang sulit. Seperti game online, game buatan gameloft, ea dan developer terkenal yang lainnya. Karena kode game buatan mereka itu sulit dibaca bagi kita orang awam. Soalnya percuma nanti kamu tidak paham, jadi saran saya coba game yang mudah. Misalnya saja game dream league soccer 2019 mod apk yang ada disini.

Coba deh kamu cari file apk asli dari game dls 2019 tersebut untuk bahan belajar dan silahkan bikin modnya. Game DLS 2019 ini bagi saya mudah untuk di mod, karena game ini bukan game online dan isi dari game ini pun juga tidak sulit. Sudah ketemu gamenya? Oke lanjut!

Cara Bikin Mod Pakai IDA Pro

Saya lihat beberapa video di youtube sampai akhirnya paham dasar cara bikin modnya. Buat pemula yang ingin tahu, apakah buat mod game android itu gampang? TIDAK!! Tetapi setidaknya hal ini bukan berarti mustahil dilakukan. Maka dari itu tulisan ini saya buat untuk menunaikan janji saya tentang cara membuat mod game android dengan ida pro.

IDA pro ini apa? Ini adalah aplikasi disassembler yang sangat berguna untuk membongkar aplikasi yang sudah jadi. Seperti file library .so, file .exe ataupun file .dll. Apakah menggunakan ida pro ini wajib bisa bahasa pemrograman? Tidak juga setidaknya sedikit paham mengenai perintah intruksi yang ada sudah cukup.

Saya sendiri sudah pernah membahasnya di dalam artikel: Cara Membuat Mod Android Sendiri. Disana sudah saya kasih link mengarah ke tutorial yang sangat berguna banget. Apa yang akan saya jelaskan di tulisan ini merupakan dasar banget. Disini nanti saya akan mencoba mengajarkan tentang cara awal yaitu cara memasang file .so yang sudah di mod, lalu cara membuka file .so tersebut di ida pro.

Alat Yang Dibutuhkan

Tutorial Memasang File Mod

Sebagai tahap awal disini akan saya jelaskan dulu mengenai cara memasang file .so yang sudah di mod. Ini adalah tahap yang tak kalah penting, walau tahap ini sebenarnya bisa dilakukan terakhir. Namun sebagai pembelajaran alangkah baiknya kita mulai dari yang mudah dulu.

Alat Yang Digunakan

  • HxD
  • Apk Easy Tool
  • Winrar
  • File .so gamenya.

Download File Wajib

Silahkan download ketiga file tersebut, disini sebagai contoh saya menggunakan file hasil mod saya yaitu game dls versi 6.12. Setelah ketiga file itu di download, apa yang harus di lakukan? Mudah banget, pertama ialah install game tersebut. Hal pertama yang harus kita lakukan sebelum mulai ngemod adalah memahami gamenya. Kenapa? Ibaratnya kamu mau mengganti nama sebuah karakter dalam sebuah buku yang kamu baca.

Tetapi karena kamu belum baca bukunya dan tidak tahu nama karakter yang ingin diganti, bagaimana bisa kita menggantinya? Dengan main gamenya kita nanti akan mendapatkan informasi yang penting. Akan saya jelaskan nanti. Selain itu tahapan install game ini cukup penting untuk mengetahui apakah file yang nanti akan kita mod ini bisa berfungsi sebelum kita edit?

Kalau sudah sekarang kamu rename file obb dan file data dari game dream league soccer tersebut, tambahkan satu huruf di bagian belakang namanya. Setelah itu silahkan hapus gamenya, selanjutnya kita beralih melakukan mod game ini. Pertama ialah ekstrak dulu file .so yang sudah di mod tadi nanti akan ada dua folder bernama Asli  dan Mod.

Selanjutnya sekarang kamu buka apk dream league soccer yang ada di pc menggunakan winrar nanti akan muncul tampilan seperti ini.

mod game android ida pro

Klik di bagian LIB lalu cari folder bernama armeabi-v7a terus klik folder tersebut. Nanti di dalamnya akan ada file bernama libDLS19.so. Inilah file yang nantinya harus kita mod, karena berhubung sebagai percobaan saja maka kita bisa langsung skip cara melakukan mod ini dengan cara mengganti file ini dengan file .so dari folder mod yang sudah kamu download. Silahkan Drag & Drop saja file .so mod tersebut ke folder winrar ini.

cara bikin mod dengan ida pro


Saat muncul notifikasi tersebut kamu klik saja OK. Lalu selanjutnya kita beralih ke aplikasi Apk Easy Tool. Aplikasi ini sebenarnya fungsinya cuma untuk sign saja yang artinya aplikasi yang sudah kita mod butuh 'ditanda tangani'. Kecuali kalau kamu mau decompile atau recompile, ini pembahas lain tetapi kali ini cuma butuh di sign doang.

Buka apk easy tool, terserah versi yang berapa karena umumnya aplikasi apk easy tool ini pasti ada fitur sign. Drag n Drop apk yang sudah kita ganti file .so tadi ke dalam apk tool ini. Sebagai contoh saya memakai apk easy tool versi 1.38.

sign apk mod

Cara sign untuk AET (Apk Easy Tool) v 1.38 tinggal geret aplikasinya ke kolom APK to work on lalu klik sign selected apk. Setelah itu akan muncul notifikasi Sign Succesful, selanjutnya cari file apk tersebut yang bertuliskan dengan nama yang sama tetapi belakangnya ada kata signed.

apk sign

Lokasi file sign ada dimana? Di folder yang sama dengan lokasi file apk kita tadi. Silahkan pindah file signed tersebut ke hp android kita dan coba install lalu ubah atau ganti lagi nama file data dan obb yang kita edit tadi seperti semula. Silahkan buka game dls 19 ini lagi dan lihat apakah gamenya sudah ter modifikasi atau tidak? Caranya adalah dengan melihat di bagian koin.

Atau silahkan gunakan koin tersebut, tetapi sebelum memakai koin itu internet silahkan dimatikan dulu supaya modnya berfungsi.

apktool versi terbaru

Contoh lain ketika kita menggunakan aplikasi AET versi terbaru, tampilannya mungkin agak beda tetapi intinya sih sama. Pilih select apk dan pilih sign apk. Lokasi folder hasil sign pun sama, lalu keunggulan apk tool versi terbaru ini ialah terdapat informasi yang berguna di bawahnya di bagian package name dan lain-lain.

Kenapa berguna? Karena informasi ini bisa kita gunakan untuk nyontek apk mod orang lain.Caranya bagaimana? Kalau lagi minat buat artikelnya mungkin akan saya tulis nanti tetapi kalau tidak yaa tidak akan saya buat. Silahkan coba gabung di Group FB Mod Namatin ini, kalau tembus 300 member mungkin saya bakalan berubah pikiran :p

Bagi yang tidak mau mengunggu, Hints nyontek mod milik orang lain ialah dengan menggunakan file compare di hxd serta memakai ida pro.

Selanjutnya ialah cara menggunakan ida pro untuk mencari informasi apa yang di mod.

Cara Membuka File .SO Dengan IDA Pro

Sekarang buka ida pro, terserah versi yang 32 bit atau 64 bit tetapi saya biasa memakai versi 32 bit nanti kalau memang tidak bisa dibuka versi file .so dengan versi itu bakalan ada pemberitahuan kok. Selanjutnya Drag n Drop file .so ke dalam ida pro.

buka file dengan ida

Silahkan ganti di bagian processor type jadi ARMB atau ARM terserah sih kalau saya ARMB. Lalu di bagian load resources kamu centang dan klik OK, setelah itu klik YES dan tunggu sampai loading selesai.

Cara tahu IDA selesai loading bagaimana? Mudah saja silahkan lihat di bagian lingkaran kuning sampai berubah menjadi hijau. Kalau sudah hijau dan warna garis biru sudah banyak artinya sudah selesai.

ida pro loading


Gambar diatas menunjukkan kalau artinya sudah selesai, lamanya warna lingkaran dari kuning ke hijau ini tergantung spek lepi yang kamu miliki serta besarnya file .so tadi. Semakin besar maka akan semakin lama, IDA termasuk program yang cukup berat jadi kalau lepi spek kentang sih agak lama jadi sabar saja.

Setelah itu di kolom bagian kiri kamu drag ke bawah sampai ke tengah, selanjutnya klik di mana saja. Lalu pindah ke kolom bagian kanan, pilih graph view lalu layout graph.

menu ida

Karena file gif yang saya buat ukurannya besar, silahkan klik disini untuk melihat file gif mengaktifkan menu diatas. Jangan lupa klik kanan lagi lalu pilih Syncrhonize With dan pastikan Hex View tercentang.

quick filter ida

Kalau sudah menu yang selanjutnya kita aktifkan adalah quick filter, caranya adalah klik dulu di kolom bagian kiri sampai warnanya jadi biru lalu pilih edit dan klik quick filter. Klik disini untuk melihat video mengaktifkan menu diatas.

Sekarang di bagian Quick Filter inilah kita bisa mengetikkan apapun. Karena kita akan membuat mod game dream league soccer, maka disini kita bisa mengetikkan kata kunci mulai dari money, coin, sampai credit. Yang jelas sebuah kata kunci yang berhubungan dengan fungsi yang ingin kita mod. Karena kita ingin bikin mod unlimited money atau coin maka kita menggunakan kata kunci tersebut.

Berhubung game dls ini menggunakan kata kunci credit, maka ketikkan kata credit di bagian quick filter.

cari offset ida


Nanti bakalan muncul banyak sekali fungsi yang berhubungan dengan credit, tidak semua fungsi bisa kita mod. Jadi disinilah bagian yang sulit yaitu mencari fungsi mana yang berhubungan dengan nilai coin yang akan kita mod. Cara menentukan fungsi tersebut bagaimana? Caranya ialah dengan melihat nama dari fungsi tersebut.

Di bagian awal saat memakai kata credit saya melihat di bagian awal terdapat informasi yang berguna yaitu CMyProfile Get Credit, dengan melihat kata kunci ini saja kita bisa mengira-ngira kalau ini adalah fungsi yang mengambil nilai kredit di profile kita. Lalu saya ketikkan ulang kata getcredit untuk memperkecil jumlah fungsi yang ada.

credit game dls

Ternyata hasilnya ada 16, jadi kemungkinan dari ke 16 inilah fungsinya berhubungan dengan jumlah koin yang ada di gamenya. Kalau kita mengubah salah satu fungsi ini maka jumlah koin di game kita akan berubah juga. Tetapi yang mana? Kita memakai intuisi saja karena kita newbie, dari namanya saja kita bisa melihat mana yang sedikit berguna. 

Ada 3 fungsi yang bisa kita edit, yaitu di bagian CMyProfile Get Credit, CMyProfile Get Earned dan CMyProfile Get Spent.

tips mod so dengan ida pro

Silahkan klik di bagian get credit di awal, nanti akan muncul tampilan gambar diatas. ternyata fungsi ini tidak berguna. Kenapa? Karena fungsi ini memiliki kode yang dikit banget, harusnya fungsi yang kita edit itu memiliki beberapa kode, kalau kamu bisa baca fungsi ini ternyata cuma ngeloading fungsi lain.

Selanjutnya coba kita klik fungsi dengan nama yang sama di bawahnya.

ida pro mod game dls


Inilah yang bisa kita edit, klik dan arahkan mouse ke LDR paling awal. Lalu pilih Hex View.

ida edit mod game

Nanti akan muncul tampilan tersebut, kamu lihat di bagian warna kotak kuning? Inilah yang disebut dengan offset, offset inilah yang paling penyting. Sekarang kamu catat yang ditunjuk arah panah yaitu 00339EB0 lalu coba buka file .so game dls kamu ke dalam HxD.

cara edit hxd


Klik Search laly GO TO dan masukkan kode offset tadi ke sini. Lalu klik OK nanti kamu akan dibawa kesana, selanjutnya pergi ke halaman ini https://armconverter.com/ untuk melakukan convert kode arm, masukkan kode ini disana. MOV             R0, #0xFFFFFF

hxd ida pro

Setelah itu akan muncul dua hasil, masukkan yang di bagian thumb yaitu 6FF07F40. Masukkan angka ini menggunakan hxd tadi, caranya tinggal ketikkan saja angka tersebut secara langsung. Klik angka 01 lalu langsung ketik 6FF07F40 tersebut.

edit hxd

Nanti kode hex yang telah terganti akan berubah menjadi warna merah, setelah itu jangan lupa masukkan angka hex 70 47 yang memiliki fungsi BX LR. Ini adalah kode hex untuk mengakhiri sebuah perintah. Jadi kode ini kalau ibarat sebuah buku sama saja dengan TAMAT. Kamu bisa mengakhiri cerita manapun dengan kode ini.

Sehingga kalau kamu sudah memakai kode ini, di dalam sebuah cerita maka cerita selanjutnya tidak akan terbaca dan berhenti sampai sana. Dengan kata lain kode lain setelah BX LR ini tidak terbaca. Lalu, kode arm ini dari mana? MOV   R0, #0xFFFFFF  makanya kamu perlu membaca dan memahami struktur arm supaya tahu fungsi kode tersebut. Referensi lebih lengkap bisa baca disini

Atau referensi disini juga bisa kamu baca. Setelah itu kamu klik save di HxD tadi. Selanjutnya sekarang ganti file .so yang ada di dalam game dls asli dengan file .so hasil edit dari HxD ini. Berikutnya adalah tinggal sign aplikasinya saja memakai Apk Easy Tool. Selesai deh, lalu langkah terakhir ialah memainkan gamenya. Apakah mod sudah berfungsi dengan baik? Intinya sih, ida pro cuma digunakan untuk mencari offset, lalu hxd digunakan untuk ngedit file .so tadi.

Cara melakukan mod game lain kurang lebih sama kok, hanya saja kode hexnya saja yang beda. sebenarnya ida pro ini bisa tidak digunakan juga tidak apa-apa selama kamu paham kode offset yang ada serta kamu tahu harus menggunakan kode hex yang mana.